Empat SMA Taruna Bakal Berdiri di Jawa Timur

Madiun, IDN Times – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berencana menambah SMA Taruna. Setelah SMAN Nala di Malang dan SMAN Angkasa di Madiun, maka pada 2019, akan dibuka lagi SMA Brawijaya di Kediri dan SMA Bhayangkara di Banyuwangi
SMAN Nala merupakan kerjasama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Laut. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Juni tahun lalu. Sedangkan, SMAN Angkasa yang merupakan kerjasama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Udara diresmikan Gubernur Soekarwo, Senin (31/12). Sedangkan SMA Brawijaya yang direncanakan merupakan kolaborasi dengan TNI Angkatan Darat. Adapun SMA Bhayangkara kerja bareng antara Pemprov Jatim dengan Kepolisian RI.

1. Cetak generasi yang cinta Indonesia

Gubernur Soekarwo mengatakan bahwa pembentukan SMA Taruna untuk mempersiapkan peserta didik yang mumpuni di masa depan. Selain terampil di bidang ilmu pengetahuan, maka diharapkan mampu menjadi pribadi yang disiplin, beretika, dan bermoral. 
“Bela negara dan Cinta Indonesia yang menjadi soft power-nya,” kata Pak Dhe Karwo, sapaan akrab Soekarwo di sela peresmian SMAN 3 Taruna Angkasa di Kota Madiun.

2. Pemerataan standar mutu pendidikan SMA/SMK

Pembentukan SMA Taruna, ia melanjutkan, mulai dijalankan pada 2017. Ini berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Adapun tujuannya, Pak Dhe menuturkan, untuk pemerataan standar mutu pendidikan jenjang SMK/SMA di masing – masing provinsi. Dengan begitu, ungkap dia, tidak ada lagi SMA unggulan di wilayah kota. Juga, tidak ada kesan SMA/SMK pinggiran di kecamatan atau eks-kawedanan. Seiring dengan itu, kualitas guru sangat penting dalam mewujudkan mutu pendidikan.

“Kepala sekolah juga diminta menjalankan tiga fungsi, yaitu sebagai manajer, supervisi, dan enterpreneurship,” ujar Soekarwo.

3. Libatkan TNI untuk membentuk karakter taruna

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman, mengatakan bahwa pengelolaan SMA Taruna dibawah kewengan provinsi. Sedangkan pihak TNI maupun Kepolisian ikut membantu.

Untuk SMAN 3 Taruna Angkasa, misalnya, pihak Lanud Iswahjudi membantu mengajar mata pelajaran Bela Negara dan Kedirgantataraan. Selain memberi materi di kelas, para taruna/taruni juga dibimbing ketika berada di asrama.

“Untuk anggaran pelaksanaan pendidikan dari APBD Provinsi,” kata Saiful sesaat sebelum peresmian SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun.

source : https://jatim.idntimes.com/news/jatim/nofika-dian-nugroho/empat-sma-taruna-bakal-berdiri-di-jawa-timur/full

2 Comments

  1. Generasi milenial yg cenderung mendapatkan segala sesuatu secara instan sangat memerlukan pendidikan baik secara fisik, mental dan disiplin juga spiritual yg bisa dijadikan filter dalam menerima informasi, sekolah seperti SMA Taruna ini lah yg menurut saya tepat sebagai penyeimbangnya.
    Terimakasih kami ucapkan kepada Pak Dhe Karwo yang telah merintis adanya 4 sekolah taruna di Jatim yg bekerjasama dgn TNI/POLRI, semoga akan menjadi wadah pencetak generasi unggul yg cerdas, beriman dan bertakwa kpd Allah SWT aamiin…
    Oleh karena itu saya ingin sekali menyekolahkan anak saya di SMA taruna Khususnya SMA Taruna Angkasa di Madiun pada tahun ini, pengumuman pendaftarannya kapan ya? kami tunggu informasinya…terimakasih

    • Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2019/2020 SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur dilaksanakan pada tangal 18 Maret – 10 April 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *