Andhra Arya Nugraha Atlet Renang Terbaik Koni Cup Kabupaten Madiun 2019

Andhra Arya Nugraha, atlet renang terbaik KONI CUP Kabupaten Madiun 2019 adalah salah satu siswa SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur yang memiliki segudang prestasi pada cabang olah raga renang. Lahir di Madiun pada tanggal 7 Januari 2003, Andhra sapaan akrabnya, putra dari Bapak Sholihuddin Haris dan Ibu Srie Ika Budhi Aryani telah mengikuti berbagai macam perlombaan renang sejak usia 9 tahun atau sekitar kelas 3 SD. Pada saat itu, Andhra masih berada diurutan ke 7. Sementara itu pada Kejurda Prestasi dan Pelajar Renang Jawa Timur, Koni Jawa Timur Surabaya, 21- 24 Maret 2019, Andhra menempati urutan ke 15 pada Gaya Dada 50 M Putra. Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat atau putus  asa, justru menjadikannya lebih intens dan konsisten dalam berlatih. Andhra tidak pernah merasa bosan jika waktu atau durasi latihan berlangsung lama. Karena dia yakin bahwa dengan doa dan usaha yang maksimal maka akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Seperti yang sering kita dengar bahwa usaha tidak akan menghianati hasil yang akan kita capai. Hal ini terbukti ketika Andhra berhasil meraih juara I Porkot Cabang Olahraga Renang Gaya Dada 50 M tahun 2019.

Menurut Andhra untuk mendapatkan hasil yang baik dalam setiap perlombaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama persiapan fisik, baik fisik darat maupun air, karena fisik darat dan fisik air harus seimbang. Kedua, persiapan mental, dengan memiliki mental yang kuat sebagai sang juara harus siap menerima apapun hasil lomba. Jiwa sportifitas sebagai seorang olahragawan harus dibangun sejak dini ketika sudah terjun dalam setiap perlombaan baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional maupun internasional.

Selain persiapan fisik dan mental, satu hal yang perlu diperhatikan sebelum perlombaan berlangsung adalah kebutuhan nutrisi. Tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Untuk mendapatkan asupan gizi yang optimal sebagai seorang perenang, Andhra mengkonsumsi karbohidrat, protein, buah dan lemak dengan porsi yang telah ditentukan.

Dengan mengikuti latihan rutin dan mematuhi seluruh peraturan yang telah ditentukan, Andhra berhasil mendapatkan 11 medali dalam rangka Koni Cup
Kabupaten Madiun 2019. Sejumlah 11 medali yang telah diperoleh Andhra diantarnya :

  1. Juara 1 Renang 100 M Gaya Ganti
  2. Juara 1 Renang 100 M Gaya Dada
  3. Juara 1 Renang 50 M Gaya Dada
  4. Juara 1 Renang 25 M Gaya Kupu-Kupu
  5. Juara 2 Renang 50 M Gaya Kupu-Kupu
  6. Juara 2 Renang 50 M Gaya Punggung
  7. Juara 2 Renang 25 M Gaya Bebas
  8. Juara 2 Renang 25 M Gaya Punggung
  9. Juara 2 Renang 25 M Gaya Dada
  10. Juara 3 Renang 100 M Gaya Bebas
  11. Juara 3 Renang 50 M Gaya Bebas

Dengan 11 Medali yang telah diperolehnya, Andhra dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Kelompok Umur 2004 dibawahnya Putra Koni Cup Kabupaten Madiun  2019.

Namun, prestasi yang telah diperoleh Andhra tidak lantas membuatnya merasa puas, karena jika kita mudah merasa puas dengan prestasi kita, maka kita akan terjerumus kedalam kesombongan. Alhasil, kita tidak lagi berusaha untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan diri. Untuk itu teruslah berpacu, berusaha untuk meraih prestasi / kesuksesan yang lebih besar. Itulah yang dijadikan semboyan atau motto hidup dalam diri Andhra Arya Nugraha. ” Do a great thing in a great way”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *